Connect with us

KABAR BERITA

Stafsus Bidang Pariwisata Tinjau Objek Wisata Pemandian Luko Indah

Published

on

LAHAT, SS.com – Karang Taruna Desa Karang Endah, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, membuka kembali objek wisata pemandian Luko Indah. destinasi wisata tersebut viral di Kabupaten Lahat khsusunya di daerah Kikim Area, Keindahan objek wisata yang berada di Desa Karang Endah, Kecamatan Kikim Timur itu memiliki pesona air sungai yang tak kalah indah dengan wisata lainnya.

Salah satu Pengurus Wisata Luko Indah April kepada wartawan menuturkan, asal nama Luko Indah sendiri berasal dari dua suku kata yang artinya Luko itu merupakan istilah dari Air yang terhimpit sedangkan indah tersebut diambil dari nama desa Endah artinya indah sehingga diberi nama Luko Indah.

“Aliran air Luko Indah merupakan dari aliran Sungai Empayang bahkan pengunjung yang datang kesini mulai ramai,” ujarnya, Selada (03/11).

Masih dikatakan April, wisata air tersebut sebenarnya sudah lama ada di desa mereka dan lebih dikenal dengan sebutan Aliran Sungai Luko Indah, namun baru akhir akhir ini menjadi viral di tengah masyarakat Lahat.

“Baru hampir sebulan ini kami Karang Taruna melakukan pembersihan di Aliran Sungai Luko Indah, agar bisa ditata lagi. Karena semakin hari pengunjung dari desa-desa tetangga banyak yang datang untuk melihat dan berselfie serta berenang di sini,” ujarnya.

Rencananya, lanjut Anton objek wisata tersebut akan dijadikan salah satu destinasi andalan bagi masyarakat Karang Endah dan Kecamatan Kikim Timur khususnya.

“Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 3 ribu saja untuk biaya parkir, serta tetap memberikan himbauwan serta mentaati protokol kesehatan covid-19 bahkan setiap hari Minggu selalu ramai,” ungkapnya

Namun tentu saja dilanjutkan April, terdapat kendala-kendala ditengah masyarakat, mengingat kurangnya dukungan dari kalangan masyarakat desa sehingga dirinya merasa butuh bantuan dari Pemerintah Desa (Kepala Desa).

“Aksesnya sendiri sangat dekat dari desa berkisar 500 meter dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) namun karena kurang dukungan sehingga terpaksa pengurus mencari jalan alternatif, namun cukup jauh,” jelasnya.

Ditempat sama, Kepala Desa Karang Endah Turangga kepada wartawan mengakui memang kesadaran masyarakat di desa sendiri dengan keberadaan wisata Luko Indah sangat kurang bahkan dirinya meminta kepada pengurus wisata Luko Indah untuk lebih transparan dalam pengelolaan wisata kepada semua masyarakat.

“Saya akui kesadaran masyarakat sangat minim, namun yang jelas saya akan bantu bahkan apabil terdapat kendala silakan gunakan tanah desa yang luasnya 1 hektar untuk lahan parkir,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Khusus Bupati Lahat Mario mengungkapkan, wisata Luko Indah merupakan salah satu wisata yang terbilang terjangkau betapa tidak dengan akses yang mudah dilalui tentu akan banyak pengunjung yang datang kelokasi wisata Luko Indah.

“Dari Kota Lahat menuju ke Desa Karang Endah ditempuh dengan Jarak 30 Km sedangkan dari Desa ke lokasi Wisata Luko Indah hanya 500 meter. Itu tentu terjangkau,” ungkapnya disela meninjau langsung lokasi wisata Luko Endah.

Idealnya dilanjutkan Mario, harus ada akses dan tempat parkir, itu hal yang utama bahkan harus ada Hitam dan Putihnya supaya tidak menjadi kendala ditengah masyarakat serta masyarakat juga diberikan sosialisasi (penjelasan) agar paham.

“Apabila Wisata Luko Indah Ramai di kunjungi wisata, siapa yang bakal diuntungkan tentu saja masyarakat di Desa bukan orang luar,” ucapnya.

Mario meminta kepada pengurus Luko Indah untuk membentuk dulu Kelompok Sadar Wisata (Podarwis) dengan minimal 15 orang pengurus, kalau sudah ada pengurusnya nanti akan di keluarkan SK dari Dinas Pariwisata dan dikukuhkan oleh Bupati Lahat.

“Kepala Desa bisa mengkoordinir Pokdarwis dan saya pesan kepada pengurus harus bersinergi dengan Kepala Desa dan kondisi Wisata Luko Indah sudah bagus dan perlu ditata dengan mempertahankan kealamian alam itu sendiri apalagi sudah menghasil sekitar 1 juta dari parkir,” pesannya.

Ricko Hazadi

Editor : Aan Kuncay

Continue Reading

KABAR BERITA

Ingin Kunjungi Obyek Argo Wisata Sindang Panjang kec. Tanjung sakti.Ini Syaratnya…

Published

on

By

 

Tanjung Sakti – Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK didampingi Kasat Lantas Polres Lahat AKP Muriyanto, SH.MH, Kapolsek Tanjung Sakti AKP Nurhanas melakukan pengecekan kesiapsiagaan petugas pos pengamanan objek agro wisata Sindang Panjang kecamatan Tanjung Sakti PUMI, Kamis tanggal 5 Mei 2022,

Kapolres Lahat disambut langsung oleh Kapolsek dan di dampingi oleh pengelola obyek wisata H.Barmawi yang merupakan anggota DPRD lahat davil IV dari partai Demokrat, yang jemudian memantau langsung masyarakat atau pengunjung yang akan masuk kedalam objek agro wisatan Sindang Panjang yang dilakukan oleh petugas pemeriksaan kartu vaksin baik manual maupun lewat scan barcode aplikasi Peduli Lindungi. Bagi pengunjung yang belum lengkap vaksin boleh masuk jika sudah divaksin oleh tim gerai Vaksin Polres Lahat yang tersedia di Pospam.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK menjelaskan pelaksanaan kegiatan pengamanan Operasi Ketupat Musi 2022 dari Polres Lahat melakukan kegiatan upaya Vaksinasi dan pemeriksaan bagi para pengunjung yang akan menuju ke objek agro wisata harus dapat menunjukan bukti bahwa yang bersangkutan sudah di vaksin lengkap (dosis 1, dosis 2 dan Booster), pembuktiannya bisa secara manual dengan menunjukan kartu vaksin atau mendownload aplikasi pelindung lindungi.

Kapolres mengharapkan kerjasama dengan pihak pengelola dari objek agro wisata Sindang Panjang Tanjung sakti PUMI untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang mana diatur dalam inmendagri nomor 66 bahwa setiap pengunjung yang akan menuju ke objek wisata harus menunjukan bukti telah divaksin lengkap (dosis 1, dosis 2 dan Booster).

Pihak pengelola yang didampingi petugas Pos Pam memasang banner himbauan berkaitan protokol kesehatan tersebut, memasang scan barcode aplikasi peduli lindungi, kemudian memberikan fasilitas untuk pengecekan suhu, cuci tangan serta pembagian masker bagi para pengunjung yang ada.

Semua personel sudah kami perintahkan bagi yang bertugas agar selalu menjaga keamanan serta siap siaga, melayani dengan santun, sopan dan beradap, agar para wisatawan selalu merasa nyaman serta tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, serta menghimbau agar para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan pemerintah.

Kasubsi penmas Humas Polres lahat Aiptu Lispono SH.

Continue Reading

KABAR BERITA

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, PesanKapolri : “Pantau Kebutuhan Pokok Masyarakat Jelang Lebaran.”

Published

on

By

 

Lahat – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H, secara Virtual yang di pimpin langsung oleh bapak Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si, juga dilaksanakan di Mapolres Lahat yang dipimpin Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto.SIK hari ini Kamis, 14 April 2022, Pukul 09.00 Wib, diruang rudal Ops Polres Lahat,

Hadir dalam giat ini Bupati Lahat, Dandim 0405 Lahat yang diwakili Kasdim 0405 Lahat, Kadishub, Ka Dinkes, Kadinas Perdagangan, PU Bina Marga, Kakanwil Kemeneg, Kasat pol PP, BPBD, Ka Bulog, Ka Pertamina, Kabag Ops Polres Lahat, Kasat Lantas, kasat Reserse, Kasat Intel, dan Kasat Binmas.

Kapolri dalam sambutanya memerintahkan kepada Polda, Polres jajaran seluruh Indonesia, agar bekerja sama dengan Pemda masing-masing, dan instansi terkait dalam rangka antisipasi Kamtibmas menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Antisipasi wajib dilaksanakan saat menjelang hari raya, seperti kenaikan harga sembilan bahan pokok, yang mengakibatkan meningkatnya gangguan Kamtibmas, terjadinya kerusuhan atau konplik yg didasari dari suku, ras dan agama,”ujar Kapolri.
Selanjutnya Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo juga berpesan untuk
terus memantau kelangkaan minyak goreng, kelangkaan BBM, dan kelangkaan sembilan bahan pokok lainya, laporkan setiap perkembangan dan informasi di masyarakat, dari tingkat bawah sampai ketingkat atas.

“Pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, tahun ini kita masih dalam vandemi Covid 19, selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan,”tuturnya.

Selesai pelaksanaan vidkon secara Firtual dengan Kapolri di lanjutkan dengan rapat koordinasi forkopimda yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lahat, tentang langkah-langkah dan antisipasi kesiapan menghadapi perayaan hari Raya Idul Fitri 1443 di Kab.Lahat.

Kasusbsi penmas Humas polres lahat, Aiptu Lispono SH.

Continue Reading

KABAR BERITA

Fantastis…!!! Penggunaan Dana Perjalanan Dinas DPRD Lahat, Usai Lebaran Ketua PW GNPK-RI Sumsel Siapkan Aksi di Polda Sumsel

Published

on

By

Lahat – Anggaran Perjalanan Dinas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat tahun 2020 terungkap dalam LKPJ Bupati tembus diangka Rp 58.290.908.400,-

Aprizal Muslim, S.Ag, Ketua PW GNPK-RI Provinsi Sumsel juga pengamat pembangunan Sumsel menyikapi, bahwa dana Perjalanan Dinas Dewan ini sangat luar biasa. menurutnya sudah diluar nalar dan akal sehat dan menyakiti hati rakyat.

“Adanya penggunaan angka ini tentunya anggota DPRD harus menjelaskan kepada rakyat terkait penggunaan anggaran tersebut. masyarakat luas wajib untuk tahu Itu,
sebuah angka yang fantastis untuk dihabiskan saat wabah pandemi Covid-19 mendunia dan sedang ganas-ganasnya menyerang, perekonomian pun seakan lumpuh, masyarakat sedang terpuruk,” jelas Aprizal Minggu (10/04/2022).

Aprizal menambahkan bahwa adanya infirmasi penggunaan anggaran ini sudah sangat menyakiti hari rakyat se Kabupaten Lahat.
“Sudah keterlaluan para wakil rakyat yang terhormat ini, belum lagi terkait Dana Aspirasi Dewan dalam bentuk pokok pikiran yang nota benenya proyek fisik para anggota dewan, anggarannya pun luar biasa mencapai 3,8 milyar per anggota diluar unsur pimpinan. Setiap tahun anggaran nominalnya bertambah besar, ini bentuk korupsi berjamaah yang terstruktur, sistematis dan masif dari perencanaan penganggaran dan pengerjaan, sangat luar biasa, luar biasa rakyat Kabupaten Lahat harus Prihatin sebab tidak kita sejahtera bahkan akan semakin terpuruk.denga. rangking anggka kemiskinan Kabupaten Lahat yang hampir diperingkat teratas, ” papar Aprizal.

“Saya Aprizal Muslim, Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan mengharapkan, agar Kejati Sumsel menelusuri angka-angka dana fantastis di DPRD Kabupaten Lahat, sepertinya para wakil rakyat yang terhormat ini semakin menjadi-jadi.
Anggaran Perjalanan Dinas ini bersumber dari APBD Lahat tahun 2020, Aparat Penegak Hukum (APH) wajib untuk memeriksa penggunaan anggaran tersebut,” tegas Aprizal.

“Tunggu saja dengan adanya penyebutan angka yang fantastis ini, kami telah rencanakan usai Idul Fitri  PW – GNPK- RI Sumsel akan menggelar aksi di Polda Sumsel untuk mendesak Tipikor Polda Sumsel untuk secepatnya melakukan tindakan demi penegakan hukum.
Ketua PW GNPK-RI Sumsel, pungkas
Aprizal Muslim.
(AdE.Ss.com)

 

Continue Reading

Popular