Connect with us

KABAR BERITA

Kisah Pahlawan Kebersihan Pasar Bawah Yang Kini Terkulai Lemah

Published

on

LAHAT, SS.com – Warga Kelurahan Kota Jaya dan Pasar Bawah biasa memanggilnya Mang Supri (48). Wajahnya tidak asing lagi bagi warga di dua kelurahan ini, terlebih lagi Kelurahan Pasar Bawah. Bagaimana tidak kenal dengan Mang Supri, setiap hari dengan gagah dan cekatan ia mengendarai Bentor bersama rekannya mengangkut sampah dari rumah ke rumah.

Sejak 4 bulan terakahir, Mang Supri yang tinggal di RT:01, Gang Veteran, Kelurahan Kota Jaya sudah tidak pernah lagi terlihat turun–naik Bentor dan mengangkat keranjang sampah warga. Tidak terdengar lagi bunyi kotak sampah yang diangkat, meski di dalam rumah orang-orang tengah bersantai.

Hingga tiba kabar dari salah seorang warga yang menceritakan bahwa Mang Supri saat ini tengah didera sakit. Bahkan diceritakannya bahwa Mang Supri tidak pernah makan nasi sejak beberapa bulan terakhir.

Dikuasai rasa penasaran, kami menjenguk langsung Mang Supri ke kediamannya. Dari teras rumahnya, menengok isi rumah dari pintu yang terbuka, terlihat Mang Supri tengah tersadai lemah di atas kasur dan sehelai selimut. Sayup-sayup terdengar rintihan-rintihan kecil dari mulutnya.

Menyadari kedatangan kami, dengan kondisi lemah dan tubuh yang terlihat kurus kering, Mang Supri beranjak dari kasurnya. Dengan raut menahan sakit, ia memaksakan seutas senyum sebagai bentuk keramahan menyambut tamu.

Begitu berbeda. Mang Supri yang gagah den cekatan itu sudah tidak tergambar lagi dari sosoknya yang sekarang. Petugas Kebersihan Kecamatan Kota Lahat yang bertugas di wilayah Kelurahan Pasar Bawah ini terlihat lesu tak bergairah. Bahkan, di tengah obrolan dengan kami, sempat ia bergegas menuju parit dan muntah-muntah.

Dari obrolan dengan Mang Supri, didapati cerita bahwa sejak 6 bulan terakhir setiap ia makan pasti muntah dan keluar lagi apa yang dimakan lewat mulutnya. Tidak hanya sampai di situ, setiap hari ia merasakan nyeri dan sakit di ulu hati.

“Saya sudah berobat ke sana ke mari, mungkin sudah 5 jutaan uang saya habis. Termasuk tabungan masa depan anak-anak. Banyak versi saya dapatkan, menurut dokter spesialis yang saya temui, ada batu yang menempel di ginjal saya. Tetapi saat periksa di dokter yang lain, beda lagi. Ia mengatakan ada masalah di lambung atau maag kronis,” kisah Mang Supri sembari sesekali mengernyitkan kening sembari memegangi lambungnya.

Mang Supri sudah sejak Juni tidak lagi mengambil sampah warga. Dia sedikit panik ketika mengingat sekolah anak-anaknya. Mang Supri dengan tugasnya sebagai petugas kebersihan, menghidupi seorang istri dengan 3 orang. Anaknya yang duduk di bangku SMP 2 orang, sedangkan satu lagi duduk di bangku SD.

“Kalau ada uang diupayakan minum susu. Tapi kalau sedang tidak ada uang makan kerupuk. Mau bagaimana lagi?!” Mang Supri kembali menceritakan kondisinya saat ditanya tentang pola makannya, sementara dia selalu muntah-muntah.

Istrinya, Suluwinani (35) bekerja sebagai tukang cuci rumah tangga yang diupah hanya 150 ribu saja perbulan. Kini ada 2 rumah yang ia kerjakan. Sesekali jika sedang beruntung, ada tetangga yang memakai jasanya untuk membersihkan rumah atau menyapu halaman.

Di tengah obrolan, istri Mang Supri datang dengan membawakan segelas kopi dan segelas air putih. Sebenarnya berniat menolak, karena takut memberatkan. Hanya saja terlihat segelas kopi diketengahkan dengan penuh keikhlasan. Di tengah kondisi perekenomian yang sedang tidak baik, tetapi tidak membutakan hati keluarga ini untuk berlaku tidak baik.

Bismillah. Saya minum kopi itu dengan turut mengaminkan harapannya agar adanya bantuan dari siapa saja yang ingin membantunya.

Tidak lama berselang, sekumpulan relawan yang mengaku berasal dari Komunitas Ruang Peduli Sesama (RPS) sudah hadir di kediamannya. Membawakan bantuan dan berkoordinasi dengan istri Mang Pudin tentang usaha apa yang bisa dilakoninya. Allah Maha Baik.

Aan Kunchay.

Editor : Redaksi

Continue Reading

KABAR BERITA

Ingin Kunjungi Obyek Argo Wisata Sindang Panjang kec. Tanjung sakti.Ini Syaratnya…

Published

on

By

 

Tanjung Sakti – Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK didampingi Kasat Lantas Polres Lahat AKP Muriyanto, SH.MH, Kapolsek Tanjung Sakti AKP Nurhanas melakukan pengecekan kesiapsiagaan petugas pos pengamanan objek agro wisata Sindang Panjang kecamatan Tanjung Sakti PUMI, Kamis tanggal 5 Mei 2022,

Kapolres Lahat disambut langsung oleh Kapolsek dan di dampingi oleh pengelola obyek wisata H.Barmawi yang merupakan anggota DPRD lahat davil IV dari partai Demokrat, yang jemudian memantau langsung masyarakat atau pengunjung yang akan masuk kedalam objek agro wisatan Sindang Panjang yang dilakukan oleh petugas pemeriksaan kartu vaksin baik manual maupun lewat scan barcode aplikasi Peduli Lindungi. Bagi pengunjung yang belum lengkap vaksin boleh masuk jika sudah divaksin oleh tim gerai Vaksin Polres Lahat yang tersedia di Pospam.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK menjelaskan pelaksanaan kegiatan pengamanan Operasi Ketupat Musi 2022 dari Polres Lahat melakukan kegiatan upaya Vaksinasi dan pemeriksaan bagi para pengunjung yang akan menuju ke objek agro wisata harus dapat menunjukan bukti bahwa yang bersangkutan sudah di vaksin lengkap (dosis 1, dosis 2 dan Booster), pembuktiannya bisa secara manual dengan menunjukan kartu vaksin atau mendownload aplikasi pelindung lindungi.

Kapolres mengharapkan kerjasama dengan pihak pengelola dari objek agro wisata Sindang Panjang Tanjung sakti PUMI untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang mana diatur dalam inmendagri nomor 66 bahwa setiap pengunjung yang akan menuju ke objek wisata harus menunjukan bukti telah divaksin lengkap (dosis 1, dosis 2 dan Booster).

Pihak pengelola yang didampingi petugas Pos Pam memasang banner himbauan berkaitan protokol kesehatan tersebut, memasang scan barcode aplikasi peduli lindungi, kemudian memberikan fasilitas untuk pengecekan suhu, cuci tangan serta pembagian masker bagi para pengunjung yang ada.

Semua personel sudah kami perintahkan bagi yang bertugas agar selalu menjaga keamanan serta siap siaga, melayani dengan santun, sopan dan beradap, agar para wisatawan selalu merasa nyaman serta tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, serta menghimbau agar para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan pemerintah.

Kasubsi penmas Humas Polres lahat Aiptu Lispono SH.

Continue Reading

KABAR BERITA

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, PesanKapolri : “Pantau Kebutuhan Pokok Masyarakat Jelang Lebaran.”

Published

on

By

 

Lahat – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H, secara Virtual yang di pimpin langsung oleh bapak Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si, juga dilaksanakan di Mapolres Lahat yang dipimpin Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto.SIK hari ini Kamis, 14 April 2022, Pukul 09.00 Wib, diruang rudal Ops Polres Lahat,

Hadir dalam giat ini Bupati Lahat, Dandim 0405 Lahat yang diwakili Kasdim 0405 Lahat, Kadishub, Ka Dinkes, Kadinas Perdagangan, PU Bina Marga, Kakanwil Kemeneg, Kasat pol PP, BPBD, Ka Bulog, Ka Pertamina, Kabag Ops Polres Lahat, Kasat Lantas, kasat Reserse, Kasat Intel, dan Kasat Binmas.

Kapolri dalam sambutanya memerintahkan kepada Polda, Polres jajaran seluruh Indonesia, agar bekerja sama dengan Pemda masing-masing, dan instansi terkait dalam rangka antisipasi Kamtibmas menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Antisipasi wajib dilaksanakan saat menjelang hari raya, seperti kenaikan harga sembilan bahan pokok, yang mengakibatkan meningkatnya gangguan Kamtibmas, terjadinya kerusuhan atau konplik yg didasari dari suku, ras dan agama,”ujar Kapolri.
Selanjutnya Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo juga berpesan untuk
terus memantau kelangkaan minyak goreng, kelangkaan BBM, dan kelangkaan sembilan bahan pokok lainya, laporkan setiap perkembangan dan informasi di masyarakat, dari tingkat bawah sampai ketingkat atas.

“Pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, tahun ini kita masih dalam vandemi Covid 19, selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan,”tuturnya.

Selesai pelaksanaan vidkon secara Firtual dengan Kapolri di lanjutkan dengan rapat koordinasi forkopimda yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lahat, tentang langkah-langkah dan antisipasi kesiapan menghadapi perayaan hari Raya Idul Fitri 1443 di Kab.Lahat.

Kasusbsi penmas Humas polres lahat, Aiptu Lispono SH.

Continue Reading

KABAR BERITA

Fantastis…!!! Penggunaan Dana Perjalanan Dinas DPRD Lahat, Usai Lebaran Ketua PW GNPK-RI Sumsel Siapkan Aksi di Polda Sumsel

Published

on

By

Lahat – Anggaran Perjalanan Dinas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat tahun 2020 terungkap dalam LKPJ Bupati tembus diangka Rp 58.290.908.400,-

Aprizal Muslim, S.Ag, Ketua PW GNPK-RI Provinsi Sumsel juga pengamat pembangunan Sumsel menyikapi, bahwa dana Perjalanan Dinas Dewan ini sangat luar biasa. menurutnya sudah diluar nalar dan akal sehat dan menyakiti hati rakyat.

“Adanya penggunaan angka ini tentunya anggota DPRD harus menjelaskan kepada rakyat terkait penggunaan anggaran tersebut. masyarakat luas wajib untuk tahu Itu,
sebuah angka yang fantastis untuk dihabiskan saat wabah pandemi Covid-19 mendunia dan sedang ganas-ganasnya menyerang, perekonomian pun seakan lumpuh, masyarakat sedang terpuruk,” jelas Aprizal Minggu (10/04/2022).

Aprizal menambahkan bahwa adanya infirmasi penggunaan anggaran ini sudah sangat menyakiti hari rakyat se Kabupaten Lahat.
“Sudah keterlaluan para wakil rakyat yang terhormat ini, belum lagi terkait Dana Aspirasi Dewan dalam bentuk pokok pikiran yang nota benenya proyek fisik para anggota dewan, anggarannya pun luar biasa mencapai 3,8 milyar per anggota diluar unsur pimpinan. Setiap tahun anggaran nominalnya bertambah besar, ini bentuk korupsi berjamaah yang terstruktur, sistematis dan masif dari perencanaan penganggaran dan pengerjaan, sangat luar biasa, luar biasa rakyat Kabupaten Lahat harus Prihatin sebab tidak kita sejahtera bahkan akan semakin terpuruk.denga. rangking anggka kemiskinan Kabupaten Lahat yang hampir diperingkat teratas, ” papar Aprizal.

“Saya Aprizal Muslim, Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan mengharapkan, agar Kejati Sumsel menelusuri angka-angka dana fantastis di DPRD Kabupaten Lahat, sepertinya para wakil rakyat yang terhormat ini semakin menjadi-jadi.
Anggaran Perjalanan Dinas ini bersumber dari APBD Lahat tahun 2020, Aparat Penegak Hukum (APH) wajib untuk memeriksa penggunaan anggaran tersebut,” tegas Aprizal.

“Tunggu saja dengan adanya penyebutan angka yang fantastis ini, kami telah rencanakan usai Idul Fitri  PW – GNPK- RI Sumsel akan menggelar aksi di Polda Sumsel untuk mendesak Tipikor Polda Sumsel untuk secepatnya melakukan tindakan demi penegakan hukum.
Ketua PW GNPK-RI Sumsel, pungkas
Aprizal Muslim.
(AdE.Ss.com)

 

Continue Reading

Popular