Connect with us

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Kejari Lahat Fasilitasi Ujian Kenaikan Tingkat KKI

Published

on

LAHAT SS.com – Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Pengurus Cabang (Pencab) Lahat gelar Gashuku dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). di Aula Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat,Minggu (6/12/2020).

Perwakilan KKI Pengcab Lahat kepada media ini menjelaskan pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lahat Fithrah SH yang juga selaku pembina KKI Dojo Kejari, telah mensuport kegiatan ini serta memberikan arahan dan masukan yang baik.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Harian KKI Pengurus Provinsi (Pengprov) Sumsel sekaligus Ketua Harian Federasi Olahraga Karate (Forki) Kabupaten Lahat Sensei, Drs Yan Warsah MM.

“Terima kasih juga kami ucapkan kepada rekan rekan pelatih dari perguruan-perguruan yang ada di Kabupaten Lahat, khususnya Inkai Lahat, Senpai Edi Juliansyah dan Lemkari Lahat, senpai Witan Wijaya serta perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Lahat yang berkesempatan hadir pada kegiatan hari ini,” urainya.

Sementara, saat menyampaikan arahan, Kajari mengharapkan melalui kenaikan tingkat ini bisa membentuk pribadi anak, mulai dari insan karate yang lebih berdisiplin dan berjiwa kesatria. Lalu dapat meningkatkan prestasi pada tingkat yang lebih tinggi.

Harapan yang sama juga dikatakan Sensei Arie, agar anak-anak yg telah lama vakum karena adanya pandemi ini dapat kembali aktif berlatih, karena akan ada banyak event yang akan dihadapi. Karate bukan olahraga instan dapat menjadi juara dalam waktu singkat. Dibutuhkan ketekunan dan disiplin dalam berlatih.

Sensei Arie jg mengajak orang tua utk melakukan hal-hal positif untuk mengisi waktu bagi putra dan putri mereka. Salah satunya dengan bergabung pada olah raga bela diri pada perguruan KKI Dojo Kejari Lahat, yang berlatih 3 kali seminggu.

“Jadwal tiga kali seminggu itu pada hari Minggu pagi pukul 7.00 hingga 9.30 Wib, Selasa malam jam 19.15 sampai dengan 21.00 Wib dan pada hari Rabu Sore pukul 16.00 hingga 18.00 Wib.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu KKI di SDN 27 Lahat, SDN 28 Lahat dan Perum Griya. Dan, Dojo-dojo ini sempat vakum selama pandemi covid 19. Tapi kata Sensei Arie, akan segera aktif kembali pada bulan Januari 2021.

“Latihan yang dilaksanakan tetap mengacu pada protokol kesehatan, yaitu Mewajibkan kohai memakai masker, Mencuci tangan serta Menjaga jarak. Semoga dengan rajin berolahraga, imun tubuh kita tetap terjaga untuk menangkal bahaya Covid 19,” jelas Sensei Arie.

Tampak saat kegiatan, Kajari Lahat langsung turun ke matras untuk memberikan contoh gerakan dan tehnik yang pernah dirinya pelajari selama tinggal di Aceh.

Perlu diketahui, Fithrah merupakan atlet andalan Provinsi Aceh yang sering menjuarai kompetisi tingkat daerah maupun Nasional pada nomor Kata dan Kumite di era tahun 90an.

Kegiatan Gashuku dan ujian kenaikan tingkat KKI ini diikuti oleh 53 orang peserta yang aktif berlatih di dojo Kejari Lahat. Jumlah ini menyusut drastis dari biasanya yang bisa mencapai lebih dari 100 peserta, dikarenakan efek pandemi covid-19.

Ujian ini meliputi sabuk putih, kuning, hijau, biru dan coklat dan diuji oleh 7 orang penyandang sabuk hitam dan dibantu 5 orang penyandang KYU 1 dibawah pimpinan pelatih utama Sensei Arie Widia sari Penyandang sabuk hitam DAN V Nasional dan satu-satunya wasit tingkat Asia yang berasal dari kabupaten Lahat.*
Ade JS – Red Barab Dafri. FR

KABAR BERITA

Bantu Korban Kebakaran KSR PMI UNIT STIE SERELO LAHAT dan PPA GTRI Lakukan Penggalangan Dana

Published

on

By

Tanjung Tebat – Seperti yang kita ketahui telah terjadi musibah kebakaran di Dusun Talang Gerembu Kec.TanjungTebat yang menghanguskan 7 rumah dan Desa Tanjung Bulan yang menghanguskan 1 rumah. Maka dengan itu KSR PMI UNIT STIE SERELO LAHAT dan PPA GTRI berinisiatif melakukan penggalangan dana sekaligus menyalurkan bantuan guna membantu keluarga kita yang sedang terkena musibah.

“Semoga dengan adanya penyaluran bantuan dalam bentuk uang dan peralatan dapur dari Mahasiswa/i STIE SERELO LAHAT dan Organisasi GTRI bisa bermanfaat untuk kedepannya, serta dapat menjalin tali silaturahmi nantinya ” ujar ,Kepala Dusun Desa Talang Gerembu , Jum’at (24/12/2021)

Disampaikan juga oleh Ketua KSR Nanda Aisyah. Semoga Kegiatan ini bisa membantu meringankan beban keluarga kita dan dapat berguna untuk mereka serta ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kab.Lahat yang sudah ikut berpartisipasi membantu keluarga kita dalam bentuk uang dan pakaian serta sembako.

“Alhamdulillah acara penyaluran bantuan berjalan dengan lancar. Semoga apa yang kami berikan bisa membantu warga-warga yang sedang mengalami musibah. Semoga untuk kedepannya dapat berhati-hati dalam penggunaan listrik” ungkapnya (zeldi)

Continue Reading

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Tim KKI Dojo Lahat Sumbang Medali Perunggu di Porprov OKU Raya

Published

on

By

OKU RAYA – Memasuki hari ke 4 perhelatan PORPROV cabor karate, akhirnya tim karate Kab. Lahat berhasil memecah kekosongan dengan mempersembahkan 2 medali perunggu di nomor kata beregu putra dan kata beregu putri.

Kemenangan ini iawali dengan penampilan Trio Atlet Putra yang digawangi M. Rizky Fernanda, Alfarizi Sadewa dan Dhini Novrian Saputra. Diround pertama mereka  berhasil memukau dengan menampilkan KATA Jion dan menempati posisi  kedua dengan poin 24,2.. Selisih 0,2 dr tim Kabyoaten Musi Rawas., Dengan nilai ini, tim kata beregu putra Lahat melenggang masuk ke round ke 2 untuk memperebutkan juara ke 3. hingga akhirnya berhasil mempersembahkan medali perunggu dengan mengalahkan tim dr OKUT dengan memainkan KATA  Goju shihoso.

Keberhasilan tim putra juga diikuti oleh tim Kata beregu putri yang digawangi oleh Diani Restu Prasodjo, Alvira Destra Cahyani dan Suskinanti. Setelah berhasil menempati posisi kedua pada Round I dgn membawakan KATA Goju shihoso, tim Putri Lahat ini dapat merebut posisi Juara ke 3 dengan mengalahkan tim dr Kabupaten Empat Lawang. Diround 2, Trio Putri ini membawakan KATA Jion dan bunkainya dengan sangat apik dan indah.

Ke-6 atlet beregu ini  telah berlatih keras selama 3 bulan terakhir di dojo KKI Kejari Lahat dibawah pelatih sensei Arie Widia Sari. Dan sebelumnya mereka juga menyumbangkan medali baik emas, perak dan perunggu pada Kejurnas   karate Kajati Aceh Cup 2021 di Lhokseumawe akhir Oktober lalu.
Ketua KKI Lahat sekaligue pembina FORKI Lahat, Fithrah, SH. MH terus memberikan semangat kepada atlet-atlet Lahat yg turut berlaga pd PORPROV di OKU Raya melalui sambungan telp maupun video call dgn para atlet.
Juga Ketua umum FORKI Lahat, Matjik, SH  sangat bangga atas pencapaian yang di raih atlet Karate Lahat. Dan mengharapkan tambahan medali pada hari terakhir  besok.  Masih ada 4 kelas yang akan dipertandingkan, yaitu nomor kumite kelas bebas putra dan putri, serta nomor kumite beregu putra dan putri.
(AWS)

Continue Reading

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Diwarnai Potong Tumpeng

Published

on

By

Lahat – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Perhimpunan Pencinta Alam Generasi Triagana memeriahkan Hari Guru Nasional dengan kegiatan pemotongan Tumpeng dan penyerahan Parsel ke guru-guru di SD 01 Desa Tanjung Payang Lahat Selatan.

Walaupun di masa pandemi Covid-19. Hari guru masih bisa dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga dengan adanya acara ini. Tali silaturahmi dan kerja sama tetap berjalan dilain waktu” ujar Nur, Kepala SD 01 Tanjung Payang, Kamis (15/11/2021).

Disampaikan juga oleh Ketua Pelaksana Ramon Saputra. Kegiatan ini untuk mengenang jasa guru serta ucapan terima kasih kepada seluruh guru yang telah memberikan dedikasi, Ilmu pengetahuan dan tanggung jawab kepada siswa didik.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Selamat Hari Guru untuk seluruh guru hebat dimanapun berada. Semoga tercapai semua hal yang diinginkan” ungkapnya
(Zel)

Continue Reading

Popular