Connect with us

MUARAENIM

Relokasi Warga ke Bara Lestari Dimulai, Bos PTBA: Semua Demi Masa Depan Lebih Baik

Published

on

Muara Enim- PT Bukit Asam Tbk hari ini resmi memulai relokasi warga ke perumahan Bara Lestari yang dibangun dan disiapkan oleh perusahaan.

Kelompok pertama warga yang direlokasi adalah warga wilayah Bedeng Obak, Karang Tinah dan ex Dok Mutik. Secara keseluruhan terdapat 188 kepala keluarga (KK) yang yang akan dipindahkan ke Perumahan Bara Lestari, yang terdiri dari ; Bedeng Obak sebanyak 115 KK, Karang Tinah sebanyak 61 KK dan Ex. Dok Mutik sebanyak 12 KK.

Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto menegaskan relokasi warga ini bukanlah karena perusahaan ingin mengeksplorasi batu bara di lokasi tersebut. “Tidak akan ada penggalian di bawahnya karena sampingnya sungai, secara aturan main juga tidak boleh,” jelasnya, Sabtu (1/5/2021).

Ia menjelaskan relokasi ini merupakan penerapan nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh perusahaan. Nilai luhur tersebut adalah we explore for civilization,
we explore for prosperity , dan we explore for brighter future. Dalam hal ini, ia menekankan salah satu nilai yang diterapkan adalah explore for brighter future atau eksplorasi untuk masa depan yang lebih baik.

“Kami ingin masyarakat di sini meningkat kesejahteraannya, masa depan anak-anak lebih baik, dan kehidupan ekonomi lebih baik. Secara kesejahteraan bisa tempati rumah yang lebih layak,” paparnya.

Relokasi, lanjutnya, berangkat dari kesadaran PTBA untuk meningkatkan kesejahteraan warga yang berada di lingkungan operasional tambang perusahaan.

“Harapan kami ada masa depan lebih baik, lebih sejahtera.”

Ia tidak memungkiri masih terdapat kekurangan dalam proses relokasi ini, namun semuanya terus diperbaiki dan dipersiapkan agar lebih baik. PTBA, kata dia, juga tidak akan melepas begitu saja para warga yang direlokasi.

“Kami berkomitmen di tempat baru ini akan jadi kampung binaan Bukit Asam ke depannya, kami bertanggung jawab menjadikan dusun ini kampung binaan.”

Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar mengapresiasi program relokasi tersebut.
“Ini bentuk kepedulian yang luar biasa, sebab suksesnya PTBA dalam melakukan eksplorasi juga tidak lepas dari dukungan masyarakat sekeliling operasional PTBA,” katanya.

Nasrun berharap kepedulian tersebut tak berhenti sampai di sini, mengingat masih banyak warga Kabupaten Muara Enim yang memerlukan dukungan, di mana jika mengandalkan kekuatan APBD akan sulit untuk meringankannya.

“Kami perlu bantuan para stakeholder, dan yang terbesar dukungannya atas pembangunan Muara Enim salah satunya adalah PTBA.”

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bukit Asam atas relokasi ini, yang dimaknai sebagai pemindahan warga untuk memberikan harapan baru dan suasana baru. “Bukan sekadar memindahkan orang, tetapi memberikan rumah baru, suasana baru, dan harapan baru bagi masyarakat.”

MUARAENIM

PTBA Bagikan 162 Akta Tanah Warga Bara Lestari II

Published

on

By

Tanjung Enim – Mewakili Perusahaan, Manajer Pengembangan Aset Tanah dan Bangunan Mirwan Fahlefi mengatakan bahwa penyerahan 162 akta tanah kepada warga Bara Lestari II kali ini merupakan tindak lanjut penyerahan simbolis 5 akta tanah yang sudah diberikan oleh Direktur Utama PTBA bersama Penjabat Bupati Muara Enim di Kantor PTBA Tanjung Enim pada 9 Maret 2022 lalu.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membagikan akta pengoperan hak atas tanah kepada 162 warga Bara Lestari II di Perumahan Bara Lestari II Lokasi 1A Blok B No.1 Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (16/3/2022)

Merupakan proses terakhir dari rangkaian pekerjaan yang dilalui dari proses pendataan, dan pemindahan rumah (relokasi) di mana memberikan hak secara hukum akta pengoperan tanah kepada warga sesuai dengan apa yang sudah disepakati.

“Semoga semua ini menjadi berkah bagi kita semua dan Bapak Ibu semua bisa nyaman dengan ruang lingkup yang sudah dimiliki oleh diri sendiri,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Pemerintahan Kecamatan Lawang Kidul, Muhkhtamiri, mewakili Camat Lawang Kidul,
mengapresiasi dan berterima kasih kepada PTBA yang telah berkomitmen untuk menyelesaikan proses pemindahan atau relokasi dari Bedeng Obak ke Bara Lestari II.

“Dengan diberikannya akta tanah ini, Bapak Ibu secara sah atau memiliki kekuatan hukum atas kepemilikan atas tanah dan bangunan yang didiami selama ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bambang Setiawan, warga Bara Lestari II, mengucapkan terima kasih kepada PTBA telah membantu proses pengoperan akta tanah warga.
“PTBA selama ini kontribusinya sudah banyak kepada masyarakat, mudah-mudahan dapat diteruskan lagi dan lebih ke depannya,” ucapnya.

Realise humas ptba

Publish Adess

Continue Reading

MUARAENIM

95 Ekor Sapi Qurban Dari PTBA Untuk Masyarakat Ring 1

Published

on

By

Tanjung Enim  – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah (H), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan sebanyak 95 ekor sapi hewan kurban untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah ring 1 Perusahaan.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis diserahkan oleh Ketua Panitia Idul Adha 1442 Hijriyah Ichsan Aprideni selaku Senior Manajer Pengelolaan Aset dan Infrastruktur Sipil Penunjang PTBA kepada Camat Lawang Kidul Andrille Martin, Senin (19/7/2021) di Halaman Tempat Penyembelihan Hewan Kurban RT 9 Kelurahan Tanjung Enim.

Mewakili Manajemen PTBA, Ichsan menuturkan bahwa pemberian hewan kurban kepada masyarakat ring 1 merupakan bentuk kepedulian sosial dari Perusahaan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Berbagi hewan kurban ini bertujuan untuk berbagi satu sama lain dan saling mendukung serta menguatkan antara Pemerintah setempat, PTBA, masyarakat dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 95 ekor hewan kurban diberikan untuk masyarakat di wilayah ring I perusahaan terdiri dari 25 desa/kelurahan yang tersebar di Kabupaten Muara Enim di Kecamatan meliputi Muara Enim, Tanjung Enim, Lawang Kidul dan Tanjung Agung, serta Kabupaten Lahat di 2 Kecamatan yaitu Merapi Barat dan Merapi Timur.

“Semoga tidak mengurangi esensi dari bantuan ini, yakni ikhlas berkurban untuk bersama-sama meraih kemenangan dan memberi manfaat serta kebaikan kepada sesama, terutama yang terdampak pandemi, “ucap ichsan.

Terpisah, Manajer Humas Komunikasi dan ADM Korporat Iko Gusman mengatakan pemberian bantuan hewan kurban ini merupakan bentuk perhatian perusahaan kepada masyarakat sekitar serta perwujudan dari komitmen perusahaan hormonis bersama lingkungan. Ia mengatakan, terlebih di tengah situasi wabah Covid -19 yang saat ini masih belum menentu, dan dampaknya pada menurunnya daya beli masyarakat, PTBA berupaya hadir di tengah masa yang sulit.

“Wabah Covid 19 ini janganlah kita jadikan penghalang untuk kita tetap memberikan yang terbaik. Pandemi ini adalah salah satu ujian dari Allah SWT agar kita senantiasa bersabar dan tabah, sebagaiman sabarnya Nabi Ibrahim dalam menerima ujian dari Sang Pencipta,” ungkapnya. “Bantuan ini adalah salah satu ungkapan bahwa kami berusaha untuk selalu ada bersama masyarakat di tengah wabah saat ini.”

Sementara itu, Camat Lawang Kidul mewakili Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PTBA karena telah memberikan hewan kurban meski saat pandemi Covid-19 seraya mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan.

“Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul mengucapkan banyak terima kasih kepada manajemen PT Bukit Asam atas hewan kurban yang diserahkan kepada kami. Semoga ini bermanfaat untuk kami di hari Raya Idul Adha. Walaupun pandemi Covid-19, PTBA tetap berbagi dan memberikan semangat kepada kami semua. Dan tetap mengutamakan protokol kesehatan dan berikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Andrille.

Pada kesempatan yang sama Ketua RT 13 Kelurahan Tanjung Enim, Agus Ivanzi mewakili warga mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan kurban dari PTBA dan berharap kedepan hubungan yang baik antara warga dengan Perusahaan tetap terjaga dan tercapai semua apa yang ditargetkan PTBA.

Advetorial Humas PTBA.

Continue Reading

MUARAENIM

PTBA Dukung Program 100 Gerobak Peduli UMKM Terdampak Covid, Kerjasama SMSI Sumsel dan FSPSS

Published

on

By

TANJUNGENIM, – PT Bukit Asam Tbk yang merupakan perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia kembali menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang memiliki misi Peduli dan Membangun Rakyat dengan mendukung penuh Program 100 Gerobak UMKM Terdampak Covid yang diusung Forum Silahturahmi Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) bekerjasama dengan SMSI Sumsel. Komitmen ini dinyatakan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam Tbk, Suryo Eko Hadianto ketika menerima audiensi Pengurus FSPSS dan SMSI Sumsel di Ruang Tamu Direksi PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim, Kamis (29/4).
Didampingi Sekretaris Perusahaan Apollonius Andwie, Dirut PTBA yang baru menjabat di lingkungan perusahaan batubara ini menekankan pada prinsipnya perusahaan milik negara ini selalu memperhatikan dengan ikut andil dalam kegiatan terutama kegiatan sosial kemasyarakatan. “Pada prinsipnya kita sangat mendukung kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan apalagi dalam situasi pandemi seperti ini di mana UMKM juga sangat merasakan,” ujar Suryo yang juga menyebutkan selama Ramadhan pihaknya sudah melakukan serangkaian kegiatan di antaranya memberi santunan kepada 74 Pengurus Masjid dan 64 Musholla, membagikan masker serta mengadakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan percepatan penanggulangan wabah Covid 19.
Di tempat yang sama, Ketua FSPSS, Ir Deliar Marzukie, MM mengatakan Program 100 Gerobak Peduli UMKM Terdampak Covid 19 ini rencananya akan direalisasikan dengan merangkul SMSI Sumsel sebagai mitra dalam mempromosikan gerakan peduli UMKM di Sumsel ini. “FSPSS mengusung program ini dalam rangka ikut andil membangkitkan kembali perekonomian masyarakat terdampak dalam hal ini UMKM yang terkena imbas pandemi Covid. Kita berharap dengan Program 100 Gerobak ini akan ikut membantu Program yang diusung Pemprov Sumsel, Sumsel Maju untuk Semua,” ujar Deliar seraya menambahkan bahwa dalam program ini akan terserap 200 tenaga kerja di mana satu gerobak akan melibatkan 2 orang yang akan mengelola penjualan pisang goreng serta makanan kecil lainnya yang diusung per gerobak.
Diakui Deliar, program ini membutuhkan support banyak pihak karena konsep “Langsung Dorong” yang diusung yaitu per gerobak sudah siap semuanya tinggal jual di mana mulai dari keberadaan fasilitas gerobak yang representatif dengan segala fasilitas mulai dari tenaga operasional, stok pisang dan peralatan seperti minyak goreng dan tepung dan yang lainnya. “Pokoknya tinggal dorong saja. Itu maunya kita. Insya Allah kita berharap program ini akan sangat mendukung dalam rangka membangkitkan perekonomian di Sumsel,” kata Deliar seraya berharap BUMN dan BUMD lain di Sumsel juga ikut peduli dan andil terhadap program ini.
Sementara itu, Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri, S.Sos mengatakan SMSI Sumsel dengan Program Kampung Ekonomi Kreatif Digital yang diusung SMSI secara nasional ikut andil dalam Program 100 Gerobak UMKM Terdampak Covid ini. “Kita sinkronkan dengan Program Ekonomi Kreatif Digital di mana dengan kekuatan seluruh anggota SMSI di Sumsel khususnya dan dukungan SMSI secara nasional kita berharap Program 100 Gerobak Peduli UMKM ini dapat dipromosikan gaungnya baik secara regional maupun nasional. Kita berharap SMSI Sumsel juga ikut andil dalam mendukung Program Pemerintah Provinsi Sumsel, Sumsel Maju Untuk Semua,” ujar Jon Heri.

Continue Reading

Popular