Connect with us

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

SALUT Lahat Konsentrasi Ujian Akhir Semester

Published

on

LAHAT – Setelah menjalani program pembelajaran tatapmuka semester genap Tahun Program 2021 beberapa waktu lalu, maka Mahasiswa yang tercatat di Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Lahat diminta konsentrasi dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS).

Hal ini disampaikan Pimpinan SALUT Lahat, Tusiran, S. Pd didampingi Staffnya, Anang Adnan pada Selasa (8/6/21) di Sekretariat SALUT Lahat di Jalan Kapten Satar Realy Kota Baru, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Dikatakan Tusiran, dalam pelaksanaan sistem UAS banyak mengalami perubahan menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang masih dalam susana pandemi Covid-19. Misalnya ada Tex Home Exam (THE), Sistem Ujian Online (SUO) dan juga Ujian Online Tugas Akhir Program (UO TAP).”Jadi, kami menghimbau agar dalam menghadapai ujian nanti, para mahasiswa harus sesuai dengan tatatertibnya. Jangan pernah melanggar sistem pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh pihak UT Pusat”, pesan petani yang sukses merambah di dunia pendidikan tinggi ini.

Tusiran mengingatkan, supaya mahasiswa tidak menggunakan hp, membuka buku (Oven Book), kecuali memang ada perintahnya saat mengikuti SUO. Begitu saat ujian THE tidak melakukan plagiat, tidak menggunakan jasa Joki.  plagiat joki dilarang keras. Sikapi Ujian dengan baik, jangan terlalu memporsir otak dan tetap konsentrasi. Ia meyakini mahasiswa itu mampu untuk mengerjakan soal ujian, hanya saja masih ada mahasiswa yang kurang kurang Percaya Diri (PD).

“Karena semua itu merupakan pelanggaran berat yang konsekwensinya akan berpengaruh pada downnya nilai yang diraih. Sikapi tahap awal UAS ini dengan baik dan konsentrasi, karena ada jedah waktu antara unduh soal dan unggah jawaban. Kami berharap, agar semua mahasiswa dapat mengikuti UAS dengan baik dengan nilai yang baik pula”, harapnya.

Senada, Anang Adnan juga mengharapkan supaya mahasiswa dapat mengikuti proses UAS dengan memanfaatkan jedah waktu yang cukup panjang. Menurutnya, dengan jedah waktu yang sudah ditentukan oleh sistem di UT, maka peserta UAS akan dapat mengerjakan soal ujian dengan baik.

“Sebaiknya manfaatkan waktu, jangan sampai lupa memasukkan kode matakuliah, nama mahasiswa, nama UPBJJ dan lain-lain.
Tujuannya, supaya sistem tidak susah masukkan DNU. Sikapi dengan baik.

Yang dikhawatirkan, sambung Anang, pelaksaan THE ini membutuhkan signal jaringan intenet saat mengunduh dan mengunggah jawaban. Untuk itu pihaknya berharap supaya sebelum memasuki ujian, pastikan jaringan internet para mahasiswa tidak terkendala.

“Kami was-was juga dengan jaringan internet dan uga masalah lembar jawaban, upayakan sebelum lembar jawaban diupload harus dizoom terlebih dahulu untuk memastikan, apakah lembar jawaban dalam bentuk PDF itu pecah atau tidak saat diterima oleh sistem. Minimal ketika dizoom 70 persen, lembar jawaban dapat terbaca dengan baik”, pesan Anang.

Kemudian, masih kata Anang, kalau mahasiswa sudah sudah mengupload atau mengunggah lembar jawaban, tunggu dulu kode perubahan file jawaban dan kode itu harus disimpan.

“Jangan tinggalkan laman sebelum muncul kode perubahan. Sebab sebelum dikoreksi biasanya ada keinginan mahasiswa untuk merubah jawaban sebelum waktu berakhir. Jadi harus hati-hati juga dalam mengupload jawaban”, tutup dia.

KABAR BERITA

Bantu Korban Kebakaran KSR PMI UNIT STIE SERELO LAHAT dan PPA GTRI Lakukan Penggalangan Dana

Published

on

By

Tanjung Tebat – Seperti yang kita ketahui telah terjadi musibah kebakaran di Dusun Talang Gerembu Kec.TanjungTebat yang menghanguskan 7 rumah dan Desa Tanjung Bulan yang menghanguskan 1 rumah. Maka dengan itu KSR PMI UNIT STIE SERELO LAHAT dan PPA GTRI berinisiatif melakukan penggalangan dana sekaligus menyalurkan bantuan guna membantu keluarga kita yang sedang terkena musibah.

“Semoga dengan adanya penyaluran bantuan dalam bentuk uang dan peralatan dapur dari Mahasiswa/i STIE SERELO LAHAT dan Organisasi GTRI bisa bermanfaat untuk kedepannya, serta dapat menjalin tali silaturahmi nantinya ” ujar ,Kepala Dusun Desa Talang Gerembu , Jum’at (24/12/2021)

Disampaikan juga oleh Ketua KSR Nanda Aisyah. Semoga Kegiatan ini bisa membantu meringankan beban keluarga kita dan dapat berguna untuk mereka serta ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kab.Lahat yang sudah ikut berpartisipasi membantu keluarga kita dalam bentuk uang dan pakaian serta sembako.

“Alhamdulillah acara penyaluran bantuan berjalan dengan lancar. Semoga apa yang kami berikan bisa membantu warga-warga yang sedang mengalami musibah. Semoga untuk kedepannya dapat berhati-hati dalam penggunaan listrik” ungkapnya (zeldi)

Continue Reading

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Tim KKI Dojo Lahat Sumbang Medali Perunggu di Porprov OKU Raya

Published

on

By

OKU RAYA – Memasuki hari ke 4 perhelatan PORPROV cabor karate, akhirnya tim karate Kab. Lahat berhasil memecah kekosongan dengan mempersembahkan 2 medali perunggu di nomor kata beregu putra dan kata beregu putri.

Kemenangan ini iawali dengan penampilan Trio Atlet Putra yang digawangi M. Rizky Fernanda, Alfarizi Sadewa dan Dhini Novrian Saputra. Diround pertama mereka  berhasil memukau dengan menampilkan KATA Jion dan menempati posisi  kedua dengan poin 24,2.. Selisih 0,2 dr tim Kabyoaten Musi Rawas., Dengan nilai ini, tim kata beregu putra Lahat melenggang masuk ke round ke 2 untuk memperebutkan juara ke 3. hingga akhirnya berhasil mempersembahkan medali perunggu dengan mengalahkan tim dr OKUT dengan memainkan KATA  Goju shihoso.

Keberhasilan tim putra juga diikuti oleh tim Kata beregu putri yang digawangi oleh Diani Restu Prasodjo, Alvira Destra Cahyani dan Suskinanti. Setelah berhasil menempati posisi kedua pada Round I dgn membawakan KATA Goju shihoso, tim Putri Lahat ini dapat merebut posisi Juara ke 3 dengan mengalahkan tim dr Kabupaten Empat Lawang. Diround 2, Trio Putri ini membawakan KATA Jion dan bunkainya dengan sangat apik dan indah.

Ke-6 atlet beregu ini  telah berlatih keras selama 3 bulan terakhir di dojo KKI Kejari Lahat dibawah pelatih sensei Arie Widia Sari. Dan sebelumnya mereka juga menyumbangkan medali baik emas, perak dan perunggu pada Kejurnas   karate Kajati Aceh Cup 2021 di Lhokseumawe akhir Oktober lalu.
Ketua KKI Lahat sekaligue pembina FORKI Lahat, Fithrah, SH. MH terus memberikan semangat kepada atlet-atlet Lahat yg turut berlaga pd PORPROV di OKU Raya melalui sambungan telp maupun video call dgn para atlet.
Juga Ketua umum FORKI Lahat, Matjik, SH  sangat bangga atas pencapaian yang di raih atlet Karate Lahat. Dan mengharapkan tambahan medali pada hari terakhir  besok.  Masih ada 4 kelas yang akan dipertandingkan, yaitu nomor kumite kelas bebas putra dan putri, serta nomor kumite beregu putra dan putri.
(AWS)

Continue Reading

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Diwarnai Potong Tumpeng

Published

on

By

Lahat – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Perhimpunan Pencinta Alam Generasi Triagana memeriahkan Hari Guru Nasional dengan kegiatan pemotongan Tumpeng dan penyerahan Parsel ke guru-guru di SD 01 Desa Tanjung Payang Lahat Selatan.

Walaupun di masa pandemi Covid-19. Hari guru masih bisa dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga dengan adanya acara ini. Tali silaturahmi dan kerja sama tetap berjalan dilain waktu” ujar Nur, Kepala SD 01 Tanjung Payang, Kamis (15/11/2021).

Disampaikan juga oleh Ketua Pelaksana Ramon Saputra. Kegiatan ini untuk mengenang jasa guru serta ucapan terima kasih kepada seluruh guru yang telah memberikan dedikasi, Ilmu pengetahuan dan tanggung jawab kepada siswa didik.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Selamat Hari Guru untuk seluruh guru hebat dimanapun berada. Semoga tercapai semua hal yang diinginkan” ungkapnya
(Zel)

Continue Reading

Popular