Connect with us

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Tim KKI Dojo Lahat Sumbang Medali Perunggu di Porprov OKU Raya

Published

on

OKU RAYA – Memasuki hari ke 4 perhelatan PORPROV cabor karate, akhirnya tim karate Kab. Lahat berhasil memecah kekosongan dengan mempersembahkan 2 medali perunggu di nomor kata beregu putra dan kata beregu putri.

Kemenangan ini iawali dengan penampilan Trio Atlet Putra yang digawangi M. Rizky Fernanda, Alfarizi Sadewa dan Dhini Novrian Saputra. Diround pertama mereka  berhasil memukau dengan menampilkan KATA Jion dan menempati posisi  kedua dengan poin 24,2.. Selisih 0,2 dr tim Kabyoaten Musi Rawas., Dengan nilai ini, tim kata beregu putra Lahat melenggang masuk ke round ke 2 untuk memperebutkan juara ke 3. hingga akhirnya berhasil mempersembahkan medali perunggu dengan mengalahkan tim dr OKUT dengan memainkan KATA  Goju shihoso.

Keberhasilan tim putra juga diikuti oleh tim Kata beregu putri yang digawangi oleh Diani Restu Prasodjo, Alvira Destra Cahyani dan Suskinanti. Setelah berhasil menempati posisi kedua pada Round I dgn membawakan KATA Goju shihoso, tim Putri Lahat ini dapat merebut posisi Juara ke 3 dengan mengalahkan tim dr Kabupaten Empat Lawang. Diround 2, Trio Putri ini membawakan KATA Jion dan bunkainya dengan sangat apik dan indah.

Ke-6 atlet beregu ini  telah berlatih keras selama 3 bulan terakhir di dojo KKI Kejari Lahat dibawah pelatih sensei Arie Widia Sari. Dan sebelumnya mereka juga menyumbangkan medali baik emas, perak dan perunggu pada Kejurnas   karate Kajati Aceh Cup 2021 di Lhokseumawe akhir Oktober lalu.
Ketua KKI Lahat sekaligue pembina FORKI Lahat, Fithrah, SH. MH terus memberikan semangat kepada atlet-atlet Lahat yg turut berlaga pd PORPROV di OKU Raya melalui sambungan telp maupun video call dgn para atlet.
Juga Ketua umum FORKI Lahat, Matjik, SH  sangat bangga atas pencapaian yang di raih atlet Karate Lahat. Dan mengharapkan tambahan medali pada hari terakhir  besok.  Masih ada 4 kelas yang akan dipertandingkan, yaitu nomor kumite kelas bebas putra dan putri, serta nomor kumite beregu putra dan putri.
(AWS)

KABAR BERITA

Bantu Korban Kebakaran KSR PMI UNIT STIE SERELO LAHAT dan PPA GTRI Lakukan Penggalangan Dana

Published

on

By

Tanjung Tebat – Seperti yang kita ketahui telah terjadi musibah kebakaran di Dusun Talang Gerembu Kec.TanjungTebat yang menghanguskan 7 rumah dan Desa Tanjung Bulan yang menghanguskan 1 rumah. Maka dengan itu KSR PMI UNIT STIE SERELO LAHAT dan PPA GTRI berinisiatif melakukan penggalangan dana sekaligus menyalurkan bantuan guna membantu keluarga kita yang sedang terkena musibah.

“Semoga dengan adanya penyaluran bantuan dalam bentuk uang dan peralatan dapur dari Mahasiswa/i STIE SERELO LAHAT dan Organisasi GTRI bisa bermanfaat untuk kedepannya, serta dapat menjalin tali silaturahmi nantinya ” ujar ,Kepala Dusun Desa Talang Gerembu , Jum’at (24/12/2021)

Disampaikan juga oleh Ketua KSR Nanda Aisyah. Semoga Kegiatan ini bisa membantu meringankan beban keluarga kita dan dapat berguna untuk mereka serta ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat kab.Lahat yang sudah ikut berpartisipasi membantu keluarga kita dalam bentuk uang dan pakaian serta sembako.

“Alhamdulillah acara penyaluran bantuan berjalan dengan lancar. Semoga apa yang kami berikan bisa membantu warga-warga yang sedang mengalami musibah. Semoga untuk kedepannya dapat berhati-hati dalam penggunaan listrik” ungkapnya (zeldi)

Continue Reading

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Hari Guru, SD 01 Tanjung Payang Diwarnai Potong Tumpeng

Published

on

By

Lahat – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Perhimpunan Pencinta Alam Generasi Triagana memeriahkan Hari Guru Nasional dengan kegiatan pemotongan Tumpeng dan penyerahan Parsel ke guru-guru di SD 01 Desa Tanjung Payang Lahat Selatan.

Walaupun di masa pandemi Covid-19. Hari guru masih bisa dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga dengan adanya acara ini. Tali silaturahmi dan kerja sama tetap berjalan dilain waktu” ujar Nur, Kepala SD 01 Tanjung Payang, Kamis (15/11/2021).

Disampaikan juga oleh Ketua Pelaksana Ramon Saputra. Kegiatan ini untuk mengenang jasa guru serta ucapan terima kasih kepada seluruh guru yang telah memberikan dedikasi, Ilmu pengetahuan dan tanggung jawab kepada siswa didik.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Selamat Hari Guru untuk seluruh guru hebat dimanapun berada. Semoga tercapai semua hal yang diinginkan” ungkapnya
(Zel)

Continue Reading

PENDIDIKAN & OLAHRAGA

Wow Luar Biasa Uang Pendidikan, Bantuan PIP Di SMAN 3 Lahat Dipotong Hingga 500 Ribu

Published

on

By

Lahat  – Realisasi bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), di SMAN 3 Lahat Tahun 2021 ini, dikeluhkan sejumlah wali murid, pasalnya dalam penyaluran batuan tersebut, siswa hanya menerima 500ribu, alih – alih untuk uang pendidikan, siswa penerima manfaat tersebut hanya menerima separoh, dari jumlah semestinya yang harus diterima yaitu 1juta.

Dilansir dari MMCnews.i bahwa dari sumber yang dapat dipercaya menyebutkan siswa penerima manfaat bantuan PIP di SMAN 3 Lahat tahun 2021 ini diperkirakan sekitar 30 anak.

Tak tanggung – tanggung, para penerima bantuan secara sepihak dipotongan sebesar 500ribu rupiah, tiap penerima, konon potongan sebesar 500ribu rupiah tersebut dengan rincian 400 ribu, untuk uang pendidikan dan 100 ribu untuk matre dll.

Kendati realisasi bantuan tersebut dikeluhkan oleh wali murid, bahkan mendapat penolakan, wali murid, salah satu orang tua suswa jepada Wartawan Media ini  sangat menyesalkan adanya sikap Kepala Sekolah dalam menyikapi kegiatan pemotongan dana dari pemerintah pusat ini.
“Parahnya Kusmiati selaku Kepala Sekolah SMAN 3 Lahat, bersikap dingin menggapi masalah tersebut, bahkan dalam Chat Whatsappnya Kusmiati mengatakan selesai ulangan semester cari sekolah yang semuanya gratis, dan pindah dari SMAN 3 Lahat,”ujar Umar.
Sambil menunjukan pesan Whastapp Kepala Sekolah SMAN 3 Lahat yang berisikan sebagai berikut.
“Biar bpk tdk pening habis ulangan
semester cari sekolah yg semuanya
gratis ya pak (19.24). Jadi pindah dari SMAN 3 Lahat (19.25)”Dikutip Chat Kusmiati melalui Whatsappnya dengan wali murid.

Padahal berdasarkan Permendikbud No.12 Tahun 2015 tentang Program Indonesia Pintar, bertujuan meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 (dua belas) Tahun.

Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.

Namun dalam realisasinya di SMAN 3 Lahat diduga kuat menyimpang dari tujuan serta prinsip pelaksanaan PIP, yang tertuang dalam Permendikbud No.12 Tahun 2015 tentang Program Indonesia Pintar.

Ironisnya lembaga pendidikan milik pemerintah tersebut diduga melegalkan pungutan, dengan dalih uang pendidikan, sehingga kuat dugaan lembaga pendidikan milik pemerintah tersebut menjadi lahan bisnis yang empuk.

Adanya potongan ataupun pungutan yang seharusnya tidak dilakukan oleh pihak sekolah ini hampir seluruh wali siswa merasa keberatan karena adanya program PIP ini memang diperuntukan untuk siswa dengan harapan siswa akan lebih semangat dalam menimba ilmu.
(Ad)

Continue Reading

Popular