Connect with us

LAHAT

Begini Penjelasan Kejari Lahat Atas Isyu Eforia Saweran di Acara Perpisahan

Published

on

LAHAT – Desas-desus isyu adanya dugaan oknum Kasi yang menghamburkan uang “Sawer” dalam acara perpisahan Kasi Barang Bukti Dan Barang Rampasan pada Senin tanggal 23 Mei 2022 kemarin di Kejaksaan Negeri Lahat yang sempat viral di Media Sosial dan diberitakan di beberapa media online termasuk sebuah stasiun tivi swasta, juga menyita perhatian khusus oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dan Kejaksaan Agung RI.
Menurut keterangan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lahat, Nilawati, SH, MH melalui Kasi Inteligen, Faiysal yang disampaikan Staffnya M. Abby Habibullah, SH dan Noval Andika, SH, kronologi awal, pada pagi hari Senin tanggal 23 Mei 2022 sekira pukul 10.00 WIB, Kejaksaan Negeri Lahat menggelar acara perpisahan Kasi BB yang akan bertugas ke Muko-Muko Provinsi Bengkulu.

Agar acara tersebut terlihat meriah dan menghibur Kasi BB yang akan meninggalkan Markas Kejari Lahat, maka Kajari Lahat meminta semua Pegawai yang sedang tidak bertugas sidang maupun ada pekerjaan internal untuk hadir dan mengikuti acara tersebut.

“Sebelum acara dimulai, memang ada Kajari memberikan beberapa jumlah uang kepada para Pegawai sekedar sebagai uang penyemangat dan suport terhadap acara tersebut supaya terlihat lebih meriah. Namun uang tersebut tidak dihamburkan, melainkan dipegang saja”, demikian dijelaskan Noval.

Mengenai adanya berita yang menyebut bahwa yang dihamburkan dalam video tersebut adalah uang, M. Abby Habibullah, SH dengan tegas mengatakan bahwa yang dihamburkan itu bukanlah uang melainkan kertas yang dipotong-potong hanya sekedar untuk “Euforia” atau wujud perasaan gembira dan bersenang-senang saja.

“Jadi, pas acara berlangsung ada teriakan dari salah satu pegawai (Ayo Pak Kasi, Sawer). Karena ingin menghidupkan suasana agar lebih meriah lagi, Pak Kasi Datun, Oktriadi Kurniawan, SH, MH kemudian langsung masuk ke ruangannya dan meotong-motong kertas HVS hingga seukuran uang kertas”, terang Abby.
Kemudia, lanjut Abby, Kasi Datun kembali lagi ke lokasi acara. Setiba di lokasi acara, Kasi Datun lalu naik ke panggung dan melemparkan lembaran-lembaran kertas yang dipotong-potong tersebut ke arah kerumunan Pegawai yang sedang berjoget.

“Nah, kertas-kertas itulah yang dianggap menghamburkan uang tersebut seperti yang terlihat di video yang beredar itu. Bukan uang Saweran. Sehingga tampak ibu-ibu dan Pegawai lainnya berlomba-lomba memperebutkan kertas tersebut yang ternyata hanyalah kertas biasa, atau istilah orang-orang sekarang itu disebut Prank dimaknai sebagai suatu candaan atau goyonan yang dapat dikatakan membohongi seseorang dan bersifat mempermainkan”, beber Abby.
Oleh seseorang yang hadir dan merekam acara tersebut, video itu kemudian diupload ke sebuah akun Media Sosialnya. Selanjutnya, besar kemungkinan video tersebut diambil dan dijadikan sebuah materi berita.

“Sehingga muncullah berita yang menyebar isyu, bahwa oknum Jaksa Kejari Lahat hamburkan uang saat acara perpisahan itu. Padahal, pewarta yang bersangkutan sama-sekali belum konfirmasi ke kami selaku pihak yang menjadi objek berita. Yang jelas, tidak ada kata Saweran dan hamburkan uang dalam kegiatan itu”, tambahnya.

Setelah berita di sebuah stasiun tv beredar, maka ada beberapa Wartawan yang mengkonfirmasikan hal tersebut ke pihak Kejari Lahat melalui Kasi Inteligen, Faisyal. Oleh Kasi Inteligen, dijawab bahwa hal tersebut tidaklah benar.

Faisyal menegaskan, jika uang Sawer itu adalah kertas dan tisu piring yang dihamburkan untuk membuat acara semakin meriah.
” Itu bukan uang, tapi kertas dan tisu piring. Memang jika dilihat dari jarak jauh nampaknya seperti uang, tapi itu bukanlah uang,” jelas Faisyal.

Dia meminta kepada masyarakat untuk tidak beropini negatif dulu sebelum memastikan dengan jelas, apakah yang disawer itu benar-benar uang ataukah bukan.

“Namun setidaknya kami dari pihak Kejaksaan Lahat menyampaikan permohonan maaf jika hal yang dilakukan itu mengundang respon baik dari masyarakat maupun media. Dan ini dapat menjadi pembelajaran untuk kita ke depannya,” ungkap Faisyal, seperti yang dikutif dari sebuah media online.

Hari ini, disampaikan Abby, pihak Kejari Lahat melalui Kasi Inteligen dan beberapa Staff Intel berangkat ke Kejati Sumsel memenuhi panggilan, guna mengkklarifikasi dan menyamakan persepsi terkait berita-berita yang beredar tersebut.

Bahkan Barang Bukti (BB) potongan kertasnya, disebutkan Abby, diminta oleh pihak Kejati. Itu semua sudah dikumpulkan lagi dan dibawa untuk diserahkan ke Kejati.

“Nanti akan diceritakan hal yang sebenarnya terjadi saat acara kemarin berlangsung. Selanjutnya, bagaimana langkah yang diambil pihak Kejati, itu bukanlah wewenang kita untuk menjawab”, tutup Abby, saat dimintai keterangan, Selasa (24/5/2022). (SMSI LAHAT)

LAHAT

31 Tim Bakal Berlaga di Turnamen Futsal Kajari Cup Tahun 2022

Published

on

By

LAHAT, – Turnamen Futsal Kajari Lahat Cup tahun 2022 antar Pelajar SMA/SMK Sederajat di Kabupaten Lahat digelar dalam rangka memperingati Hari Persatuan Jaksa Indonesia tahun 2022, Bertempat di lapangan Futsal IVC Gang Sidodadi Bloc C Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (24/06).

Hadir didalam pembukaan Turnamen Futsal  Kajari Lahat Cup tahun 2022 antar Pelajar SMA Sederat di Kabupaten Lahat ini, Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, SE, MM, MBA, Dandim 0405/Lahat yang diwakili, Kaporles yang diwakili, Seketaris Daerah (Sekda) Lahat, Jajaran Kepala SKPD di lingkup Pemkab Lahat, Ketua Koni Kabupaten Lahat, Kajari Lahat beserta jajaran Fungsional serta peserta turnamen.

Dalam laporannya  yang disampaikan Panitia Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Lahat Raden Timur Ibnu Rudianto, SH, mengatakan bahwa kegiatan turnamen ini untuk para peserta Turnamen Futsal Kajari Lahat Cup tahun 2022 antar Pelajar SMA/SMK Sederat di Kabupaten Lahat diikuti sebanyak 31 SMA/SMK yang ada di Kabupaten Lahat.

Untuk pelaksanaan kegiatan ini selama 3 hari yang dimulai pada hari ini, panitia sudah menyiapkan hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam bagi para pemenang,” terangnya.

Sementara dalam sambutan Kajari Lahat  Nilawati, SH, MH mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lahat dan Forkompinda Lahat, yang mana telah dapat hadir serta mendukung penuh Turnamen Futsal Kajari Cup tahun 2022 dalam rangka memperingati hari Persatuan Jaksa Indonesia tahun 2022.

“Harapan kami dalam turnamen ini dapat berjalan dengan sukses serta tidak ada halangan dan kendala didalam pelaksanaan yang terutama jaga sportivitas diantara pemain, untuk para peserta selamat bertanding”,ucapnya.

Usai dibuka secara resmi oleh Kajari Lahat, acara dilanjutkan dengan tendangan pertama oleh Wakil Bupati Lahat, didampingi Kajari Lahat, Seketaris Daerah serta Forkompinda Lahat.
Publish : AdE SS
Editor : Roni

Continue Reading

LAHAT

Jelang HUT Bhayangkara ke 76, Kapolres Sambangi Purnawirawan Polri

Published

on

By

Lahat – Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto.SIK didampingi Ketua Bhayangkari cabang lahat Ny.Endang Sumaryanto, Kasat binmas AKP Samsuardi, kasat Res narkoba AKP Alita Firman,SH, Kapolsek kota lahat AKP Herman Akiri SIP.MM, kasi Propam Iptu Edwar Gultom, laksanakan Anjang sana dalam rangka hari Bhayangkara ke 76 kerumah kediaman Purnawirawan Polri AKBP Soerahmad, dan kepada personel Polres Lahat anggota Polsek Kota Lahat yang mengalami sakit menahun Aiptu Sonan Sitepu yang beralamat di Kel.Pagar Agung Kec. Kota Lahat.

Dalam anjangsana yang terbagi dua kelompok ini, antara lain kelompok yang dipimpin Kapolres sendiri dan Wakapolres Lahat, dan masing–masing didampingi oleh pejabat utama Polres Lahat.

Giat yang di pimpin oleh Waka polres Kompol Feby Febriyana.SIk, yang di dampingi ibu wakil ketua Bhayangkari cabang lahat ny.Anna Feby, Kabag Ops. Kompol Dedy Suhendri.Ssos, kasat Intel, kasat reserse, kasat samapta, KBO narkoba dan perwira serta Bintara polres lahat telah melaksanakan ajangsana kepada purnawirawan AKBP Samsul Fajri, AKP Herdi Fahrudin SE, Ipda Nasri.

Dalam giat Anjang sana tersebut Kapolres dan Wakapolres memberikan bantuan sembako, serta bingkisan lainya sebagai ungkapan syukur kepada senior Polri serta rasa kekeluargaan polri dengan purnawirawan dan rasa kemanusiaan dengan personel Polri yang mengalami sakit menahun sehingga tidak epektif dalam melaksanakan tugas.

Para purnawirawan dan personel Polres Lahat yang telah didatangi oleh Kapolres dan Wakapolres merasa senang dan dan bangga hati telah merasa dihormati dan di hargai oleh pimpinan Polri terutama Kapolres Lahat dan jajaran.

Humas Polres Lahat, pada hari Selasa 21 Juni 2022, Pukul 10.00 wib.

Continue Reading

LAHAT

100 Orang Calon Haji Akan Berangkat Dari Kabupaten Lahat

Published

on

By

Lahat – Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022 mendapatkan kuota 3.183 orang untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah .

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lahat Drs.H.Rusidi Dja’far, MM saat ditemui media ini mengatakan bahwa dari jumlah kuota keberangkatan haji Sumsel tersebut sebanyak 100 Orang Jemaah Calon Haji telah ditetapkan dan siap untuk pemberangkatan 2022, Senin (20/6).

“Kuota haji Kabupaten Lahat untuk tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi ini, sebanyak 100 orang.
Alhamdulillah kita patut bersyukur kuota haji sudah ditetapkan. Untuk Kabupaten Lahat , kita dapat kuota sebanyak 100 orang dan insya Allah kita akan langsung bersiap dengan pendampingan 1 orang Pembimbing petugas haji,” ujarnya.

Seluruh Jamaah calon haji yang dinyatakan memenuhi persyaratan ini akan diberangkatkan dari dari Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat, tanggal 1 Juli 2022 mendatang.

Sementara bagi calon jemaah haji yang belum bisa berangkat, Kakanmenag Kab. Lahat berharap untuk tetap bersabar karena Pemerintah Arab Saudi masih membatasi jumlah dan usia jamaah yang dibolehkan untuk berangkat haji.

“Kita harus ikuti semua ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia,” terangnya.
(Ade SS)

Continue Reading

Popular