Connect with us

SOSIAL

Kepala DPMPTSP Bungkam, Warga RT 07a RW 03 Bandar Agung “Siap” Pasang Badan

Published

on

 

LAHAT – Sepertinya kegamangan warga RT 07a RW 03 Kelurahan Bandar Agung, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat terhadap adanya pembangunan Tower Pemancar Jaringan Celluler milik PT Mitratel Tbk kian memuncak.

Pasalnya, bila pada hari Senin lusa tidak ada campur tangan pihak Pemerintah Kabupaten Lahat untuk menghentikan aktifitas perusahaan yang mengerjakannya, maka warga setempat yang akan turun ke lokasi dan “Pasang Badan” guna menghentikannya secara manddiri.

Menurut Lili Hartati salah seorang warga setempat, permintaan penghentian pengerjaan pembangunan tower tersebut bukan tidak beralasan. Pertama, pekerjaan tersebut sudah mulai dikerjakan sebelum izinnya terbit dari pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kemudian kata Lili, warga sudah dibohongi oleh pihak yang membangun.

“Karena menurut Kepala DPMPTSP Kabupaten Lahat pada awak media, berkas izinnya baru saja diusulkan atau belum terbit, tapi kerja telah dimulai. Selain itu, berdasarkan Pasal 2 sampai Pasal 7 Permenkominfo 02/2008, bahwa pembangunan tersebut harus memiliki Izin Mendirikan Menara dari instansi yang berwenang. Jika sudah bekerja sebelum izinnya diterbitkan, sudah dapat dipastikan tindakan tersebut adalah Pelanggaran Aturan”, beber dia.

Dalam hal ini, sebut Bendahara PWI Kabupaten Lahat tersebut, sudah tentu harusnya pihak Pemerintah melalui Sat-Pol. PP dan DPMPTSP yang punya wewenang untuk menghentikannya.

“Dasar Hukumnya jelas, pada Pasal 1 angka 10 huruf z Perbup Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Seluruh Kewenangan Perizinan dan Non Perizinan kepada Kepada DPMPTSP Kabupaten Lahat. Nah, berarti Sat-Pol. PP dan Dinas Perizinan punya hak untuk mengawal dan menjalan amanat Perbub ini”, urai Lili.

Ia mengaku, Jika tidak ada tindak lanjut dari pihak Pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Perizinan dan Pol. PP untuk menghentikan para pekerja towe itu, maka warga akan memberhentikan sendiri dan warga akan menunggu sampai hari Senin besok.

“Kami dewek yang akan ke lokasi dan siap pasang badan untuk menghentikan pembangunan tower itu. Kami sudah cukup sabar, bahkan kami sudah mengundang Pak Lurah untuk membicarakan hal ini, tapi Ketua RT kami malah tidak datang. Ada apa di balik ini..?”, tegas dia, Minggu (17/7/22).

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Kepala Dinas Perizinan, Yahya Edwar saat dikonfirmasi terkait keluhan dan kegeraman warga tersebut, hingga akan mengambil tindakan menghentikan pembangunan itu sendiri, Yahya enggan menjawab pertanyaan. Padahal, sejak kemarin malam awak media mempertanykannya, namun hingga berita ini diterbitkan, Yahya enggan menjawab alias bungkam.

SOSIAL

Lili Hartati : Haruskah IMB Tower Itu Dipaksakan..?, Bagaiaman Kalau Terjadi Sesuatu…?

Published

on

By

LAHAT – Haruskah IMB Tower Itu Dipaksakan..?, Bagaiaman Kalau Terjadi Sesuatu…?. Pertanyaan seperti judul di atas selalu terngiang di telinga dan menghantui warga RT 07a RW 03 Kelurahan Bandar Agung Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, terkait adanya pembangunan Tower atau Menara Celluler yang ada belum memiliki izin, namun sudah mulai pengerjaannya.
Pasalnya, pihak warga sekitar pembangunan Tower itu telah membatalkan tanda-tangan persetujuan mereka.
Hal ini dikarenakan warga merasa ditipu oleh pihak perusahaan yang mengerjakannya, terutama tentang letak dan ketinggian Tower tersebut.
Pertanyaan ini terlontar dari salah satu warga sekitar Ny.Lili Hartati, pihaknya sudah melayangkan Surat Pengaduan ke Satuan Pol. PP Kabupaten Lahat berdasarkan, hasil rapat pembatan tanda-tangan serta Berita Acara hasil crosscheck pihak DPMPTSP Kabupaten Lahat yang sudah mendatangi lokasi pada Selasa kemarin.
“Dalam Surat Pengaduan kami ke Pol-PP, kami lampirkan Berita Acara itu. Termasuk beberapa photo serta sejumlah konten berita yang memuat kronologi penolakan warga kami yang tidak setuju Tower itu didirkan di situ (Dekat Masjid)”, kata Lili.
Semantara itu, lanjut dia, saat warga menyampaikan tembusan Surat Pengaduan ke DPMPTSP Lahat, ada salah satu oknum pegawai yang mengatakan bahwa IMB Tower itu akan terbit hari ini.
“Bisa keluar izinnya hari juga, asal Bapak (Kadis PMPTSP) sudah pulang, bisa izinnya keluar”, urai Lili, menirukan ucapan F salah selaku Kepala Bidang (Kabid) Perizinan.
Ditanya, apa alasannya IMB bisa dikeluarkan..?. Menurut F, belum dikeluarkannya IMB selama ini, itu karena masih ada yang belum clear tentang pajaknya, bukan karena persoalan dengan warga sekitar. Kalau pajaknya sudah clear, maka sudah bisa dibuat IMB.
“Padahal, salah satu syarat mengeluarkan izin itu, harus ada persetujuan warga sekitar. Atau setidaknya setiap hal-hal yang berkaitan dengan dampak lingkungan, itu seyogyanya disosialisasikan ke warga sekitar dengan cara dikumpulkan dan musyawarahkan. Nah, ini masalahnya belum selesai, tapi pembangunan Tower sudah dikerjakan. Parahnya lagi, menurut F tadi, mereka bisa mengeluarkan IMB hari ini, tanpa memperhatikan keluhan serta kekhawatiran kami sebagai warga”, tutur dia.
Jika memang apa yang dikatan F tersebut benar adanya, sebut Lili, lalu siapa yang akan bertanggung jawab terhadap dampak lingkungan dan kekisruhan sosial di lokasi.
“Haruskah IMB itu dipaksakan dengan tidak memperhatikan persoalan di bawah. Bagaimana kalau kisruh itu memanjang dan lain sebagainya terjadi, akibat dampak IMB dipaksakan..?. Yang jelas, kami sudah layang Surat Pegaduan ke Sat-Po.PP dengan tembusan ke Bupati Kabupaten Lahat, Kapolres Lahat, Dandim 0405/Lahat, Ketua DPRD Kabupaten Lahat, DPMPTSP Kabupaten Lahat, Camat Kota Lahat, Lurah Bandar Agung dan Keua PWI Lahat. Tinggal lagi, apakah Pol-PP selaku Pengawalan Penengakkan Perbup dan Perda itu, konsisten menjalan tugasnya atau tidak. Kalau tidak, kami sendiri yang akan bergerak”, tutup Lili, saat dibincangi awak media, Rabu (20/7/22).

Continue Reading

SOSIAL

Kunjungi Warga Sakit Ketua TP PKK Lahat Berikan Semangat Untuk Pasien dan Keluarga

Published

on

By

LAHAT – Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Lahat sekaligus memberikan bantuan kepada Ali Hanafiah. Ny. Lidyawati yang dikenal ramah dan murah senyum ini hadir untuk memberikan semangat dan suport kepada Pak Ali Hanafiah dan keluarganya.
Menurutnya, kewajiban untuk mengayomi warga yang sakit ataupun kesulitan menjadi prinsip yang dipegang oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat, Ny. Lidyawati Cik Ujang, S. Hut, MM.
Seperti hari ini, Kamis ( 23/6/2022 ), istri Bupati Lahat ini berkunjung ke kediaman Bapak Ali Hanafiah yang sedang terbaring sakit di  RT 09 RW 03 Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat

“Ini adalah ujian dari Allah, kita mesti sabar, tabah dan tawakal menghadapinya. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi Pak Ali Hanfiah. Kami juga mendo'akan, semoga Pak Ali Hanafiah cepat sembuh dan dapat kembali melaksanakan aktifitas seperti biasa kembali. Amin,”ungkap Ny. Lidyawati Cik Ujang.

Continue Reading

LAHAT

Kapolres Lahat Ramadhan Berbagi Sebanyak 200 Paket Takjil Untuk Pengguna Jalan Raya di Kota Lahat

Published

on

By

Lahat – Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK, melalui kasat Binmas AKP Samsuardi yang di dampingi pengurus Bhayangkari, KBO Binmas Iptu Yuslan dan anggota Sat Binmas Polres Lahat menjelang waktu berbuka puasa, lakukan kegiatan bagi-bagi takjil gratis kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas diseputaran simpang Kodim Lama Kelurahan Pasar Pama Kecamatan Lahat,

Dalam.siaran Pers Kapolres Lahat melalui Kasubsi Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama.

“Bagi-bagi takjil ini digelar sebagai bentuk berbagi kepada sesama terlebih di bulan suci ramadhan 1443 H dan di tengah pandemi Covid-19, kita laksanakan juga sebagai sarana silaturahmi dengan masyarakat,
mudah-mudahan ini bisa bermanfaat, ini juga salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Polres Lahat,”ujarnya

Sebanyak 200 paket takjil diberikan kepada para pengendara roda 2, tukang becak, penarik gerobak dorong serta tukang ojek.

Selain pembagian takjil, dalam kegiatan tersebut juga memberikan, himbauan dan edukasi kepada masyarakat agar bersama-sama mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran corona virus disease atau covid-19.

Kegiatan sosial berbagi takjil ini disambut hangat masyarakat dan para pengguna jalan, tampak masyarakat sangat antusias menerima bingkisan makanan takjil buka puasa dari personel Sat Binmas Polres Lahat.

Sumber :Kasubsi penmas Humas Polres Lahat
Publish : Adess

Continue Reading

Popular